Sukseskan Pemilu 2024, Sepuluh Pantarlih Desa Bungeng Resmi Dilantik

Daerah, Jeneponto, Politik1902 Dilihat

Buruhtinta.com  JENEPONTO,- Sebanyak sepuluh orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Desa Bungeng, Kecamatan Batang, Kabupaten Jeneponto, resmi dilantik oleh Panita Pemungutan Suara (PPS) desa setempat. Hal tersebut dilakukan guna memperlancar proses tahapan pemilu 2024.

Pantauan dilokasi, Pelantikan yang dilaksanakan di Aula kantor kecamatan Batang tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Jeneponto dan Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batang serta Kepala Desa Bungeng,  Nurul Hardiyanti.

Pelantikan Pantarlih dipimpin langsung oleh ketua PPS, A.Nindyia Nur Ramadani Putri S.Pd dan disaksikan oleh Komisioner KPU dan PPK serta seluruh hadirin yang hadir.

Ketua PPS Desa Bungeng A.Nindyia Nur mengatakan, pelantikan pantarlih ini sesuai dengan tahapan dari proses pemilu 2024 mendatang.

“Sesuai dengan jadwal yang diterbitkan oleh KPUD Kabupaten Jeneponto dan sesuai dengan tahapan bahwa pelantikan pantarlih dilaksanakan pada hari ini,” ujarnya saat ditemu disela-sela acara pelantikan pantarlih, Minggu (12/2/2023).

Lanjut A.Nindyia Nur menyampaikan bahwa jumlah pantarlih disesuaikan dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada dalam desa.

“Di Desa Bungeng sendiri ada 10 TPS, sehingga jumlah pantarlihnya menyesuaikan,” jelasnya.

A.Nindyia Nur berharap, pantarlih yang dilantik saat ini melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya yang tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022.

“Salah satu tugasnya yakni Membantu KPU, PPK dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih, pemutakhiran data pemilih, melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih serta memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih kemudian menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS,” terangnya.

Ia juga berpesan agar Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam mengemban tugas yang sangat penting ini, harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, karena itu Pantarlih harus tepat dalam pencocokan data dan teliti dalam bekerja serta dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Sekali lagi selamat atas pelantikannya kepada seluruh pantarlih semoga ke depan kita dapat bersinergi baik dengan semua pihak dalam mensukseskan pemilu 2024,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara tersebut PPS Desa Bungeng dan Staf Sekretariat, Kepala desa Bungeng, Babinsa serta Bhabinkamtibmas Desa Bungeng.

Komentar