PT. PDS Kembali Disoal, HM. Siddiq Sambut Aksi Demo di Ruang Aspirasi DPRD Luwu Timur

Berita, Daerah, Luwu Timur309 Dilihat

Buruhtinta.com, LUWU TIMUR, – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu Timur, Muh. Siddiq menerima sejumlah masyarakat unjuk rasa yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Miskin Lingkar Tambang di ruang Aspirasi, (06/09/2022).

Massa aksi aliansi masyarakat tersebut juga tergabung Pos Perjuangan Rakyat (Pospera) Luwu Timur menuntut aktivitas tambang PT. Panca Digital Solution (PDS) yang diduga tidak memiliki sejumlah izin, diantara izin penggunaan pelabuhan waru-waru, di Lampia, Desa Harapan, Kecamatan Malili.

Para aksi mengutarakan rasa kecewa lantaran Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi D DPRD Provinsi Sulawesi selatan ditunda,hingga saat diadakan aksi belum juga ada tanggapan. Sementara jadwal RDP saat itu sudah ditetapkan pada tanggal 11 Agustus 2022 lalu.

Diketahui, salah satu tokoh pemekaran Luwu Timur, Wafiq Siddik mendesak DPRD Luwu Timur agar RDP yang tertunda di Komisi D DPRD Prov. Sulsel itu segera dilaksanakan dengan menghadirkan pimpinan PT. PDS.

“RDP yang sudah dijadwalkan pada tanggal 11 Agustus lalu di DPRD Provinsi Sulsel melalui Komisi D yang tiba-tiba ditunda. Ada apa?, Ungkapnya.

Wafiq dihadapan anggota DPRD Luwu Timur, coba hadirkan PDS disini supaya dia jelaskan izin apa yang dia miliki, “hancur ini kampung kalau dibiarkan, kami siap ke Jakarta untuk menuntut ini.”

Sementara Wakil ketua I DPRD Luwu Timur HM. Siddiq didampingi Najamuddin dan Abduh saat menerima massa aksi diruang aspirasi langsung meminta Sekretaris Dewan (Sekwan) untuk membuat surat yang ditujukan ke Komisi VII DPR RI dan Kementrian terkait.

Sesuai aturan kata dia, setiap pemilik izin memiliki terminal atau pebuhan sendiri, HM. Siddiq juga siap mengeluarkan dana pribadi untuk memboyong aliansi masyarakat ke Jakarta jika hal tersebut tidak ditanggapi serius oleh pihak terkait.

“Pak Sekwan tolong buat surat atas nama lembaga ini, kalau perlu kita ke jakarta gunakan dana pribadi jika tidak ada dana disini, memang tidak bisa dibiarkan ini, hancur ini kampung kalau dibiarkan,” Kata HM. Siddiq.

Selanjutnya, Pihak keamanan dari Polres Lutim yang dipimpin langsung Kabag Ops Polres Luwu Timur, AKP Muh. Jamal Ansar yang mengawal para aksi hingga situasi aman, lancar dan kondusif.

Komentar