oleh

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe Kelara dan Tanam Jagung di Jeneponto

Buruh Tinta.com. Jeneponto, – Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) tepatnya di kelurahan Tolo Utara kecamatan Kelara, Selasa (23/11/2021).

Kedatangan Presiden RI Joko Widodo untuk meresmikan Bendungan Karralloe yang terletak di Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto.

Kehadiran Presiden Indonesia Joko Widodo disambut bahagia masyarakat Jeneponto. Terlihat dari antusias masyarakat yang sejak pagi menunggu kedatangan Presiden RI tersebut.

Selain itu, rasa gembira masyarakat nampak dengan peresmian pengoperasian bendungan Karalloe yang selama ini sangat dinantikan. Mengingat ketersediaan air persawahan yang sangat kurang.

Pembangunan bendungan Karalloe dimulai pada tahun 2013 dengan menelan biaya 519 milyar rupiah. Bendungan Karralloe memiliki kapasitas air sebesar 39.3M³ dan diharapkan dapat mengairi lahan seluas 7004 Ha.

Disamping itu, kehadiran bendungan tersebut diharapkan mengurangi debit banjir sebesar 610 M³/detik dan menyediakan pasokan air baku sebesar 0,40 M³/detik serta dapat menghasilkan listrik sebesar 500 MW.

Sementara untuk pengairan, bendungan Karalloe diharapkan memberikan dampak ekonomi yang besar dengan menjadi solusi dalam mengatasi krisis pengairan khususnya bagi petani padi di jeneponto.

Oleh karena itu, peningkatan produksi pangan di kabupaten Jeneponto diprediksi akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Produksi pangan khusus padi direncanakan memiliki periode tanam sampai tiga kali dalam setahun dengan peningkatan kuantitas panen mencapai ribuan ton.

Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar disela-sela kegiatan berharap agar momentum peresmian bendungan Karalloe dapat meningkatkan optimisme masyarakat dalam bertani.

“Kedatangan bapak Presiden Joko Widodo untuk meresmikan bendungan Karalloe adalah bagian penting untuk mengatasi permasalahan mendasar bagi petani di daerah Jeneponto,” ujarnya.

Usai meresmikan bendungan Karalloe, Presiden Joko Widodo juga akan melakukan penanaman bibit jagung varietas unggul bersama masyarakat kecamatan Kelara.

Komentar

Kabar Berita