Kapolres Luwu Timur Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara Virtual, Inspektur Upacara Presiden RI

Buruhtinta.com, LUWU TIMUR, – Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester MM Simamora S.IK, MH, beserta jajarannya mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022, secara virtual dengan Inspektur Upacara Presiden RI, Joko Widodo.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Tahun ini dengan tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Upacara digelar secara virtual di Aula Mapolres Luwu Timur, Sabtu 1 Oktober 2022, dengan menerapkan protokol kesehatan (Covid-19).

Kapolres Luwu Timur AKBP Silvester MM Simamora S.IK, MH, mengatakan bahwa Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang luhur untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme dan pengembalian dasar negara yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Walaupun digelar secara virtual, tak mengurangi rasa cinta kepada pancasila sebagai bangsa Indonesia,” kata AKBP Silvester MM Simamora S.IK,MH, saat ditemui usai Upacara secara virtual di Ruang Aula Polres Luwu Timur.

Tetap harus menghargai dan memaknai peringatan Hari Kesaktian Pancasila, lanjutnya. Menurut dia, Pancasila pada hakekatnya merupakan suatu jalan dasar pikiran dan falsafah hidup bangsa Indonesia.

“Nilai yang tercakup dalam Pancasila tak dapat dipisahkan karena sudah menjadi kepribadian pancasila sejak dulu. Karena itu, dibalik kesaktian itu memiliki makna yang penting bahwa pancasila adalah dasar negara yang tidak bisa diubah oleh siapapun juga,” terangnya lagi.

 

AKBP Silvester MM Simamora S.IK.MH, mengungkapkan bahwa bapak pendiri Indonesia telah menjadikan Pancasila sebagai pemersatu dari karagaman suku, adat dan budaya sebagaimana tercantum dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila merupakan dasar negara dan menjadi satu-satunya asas bernegara. Didalamnya terdapat saripati nilai-niai luhur bangsa Indonesia. Sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga Pancasila. Tidak sekedar menghafal tetapi juga mengamalkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas AKBP Silvester MM Simamora S.IK, MH.

Red : Anto

Komentar