Kapolres AKBP Silvester Bangun Tiga Rumah Ibadah Polres Luwu Timur  

Buruhtinta.com, Luwu Timur – Kapolres Luwu Timur AKBP Silvester MM Simamora SIK, MH bersama Bupati melakukan peletakan batu pertama pembangunan Tiga rumah tempat ibadah polres Luwu Timur, Kec. Malili, Jum’at (09/12/2022).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Lutim, ketua DPRD Lutim beserta anggota, Kajari Lutim, Ketua Pengadilan Negeri Lutim, Dandim 1403 Palopo, Kemenag Lutim KUA kec. Malili dan Ket. FKUB Lutim, Direktur Eksternal PT VALE T.bk, Direktur PT CLM, Wakapolres Lutim, para Kapolsek jajaran dan personil Polres Lutim dan para tokoh agama serat para undangan yang hadir.

Kapolres Luwu Timur dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pembangunan Tiga Rumah Ibadah terdiri dari, Masjid Polres Luwu Timur yang artinya Persaudaraan dan Rumah Berdoa Tri Brata kasih polres Luwu Timur yang artinya Polri yang melayani masyarakat dengan Cinta Kasih, serta Pura Tri Buana Polres Luwu Timur yang artinya Tiga Alam untuk menjadi pelindung masyarakat.

AKBP Silvester MM Simamora SIK MH berharap pembangunan rumah ibadah tersebut sebagai sarana untuk mendekatkan anggota polri dan masyarakat pada nilai-nilai antar ummat beragama yang hidup rukun, damai dan bersatu dalam kemajemukan dan tercipta “Bhinneka Tunggal Ika” dengan makna beragam suku, bangsa, agama dan bahasa namun tetap satu Indonesia dan menjaga toleransi antar umat beragama di kab. Luwu Timur yang mendukung pelaksanaan tugas polri menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menurutnya, bahwa toleransi beragama adalah sikap untuk saling menerima dan keterbukaan dengan agama yang beragam tanpa menilai yang dianut namun dapat saling menghargai antara satu dan yang lainnya.

“Toleransi beragama untuk membuat suasana atau situasi yang aman dan harmonis, serta terciptanya kerjasama antar umat beragama,” ujarnya.

Kerjasama antar umat beragama dapat menciptakan situasi aman, tertib dan kondusif sehingga mewujudkan cita-cita bangsa dan negara yang adil dan makmur dari ridho Allah SWT. Karena kami berprinsip bahwa suatu bangsa yang besar, bangsa yang kuat adalah bangsa yang mempunyai mental kepada tuhan yang mahakuasa dan saling hormat menghormati antara satu dengan yang lain,” kata Kapolres AKBP Silvester MM Simamora SIK, MH diakhir sambutannya.

Lap. Andi Esse

 

Komentar