Buka Road Map Birokrasi, Sekda: Harus Implementatif Bukan Formalitas

Buruhtinta.com, JENEPONTO – Sekertaris daerah (Sekda) Jeneponto Muh.Arifin Nur membuka kegiatan Review Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024, di Ruang Pola Panrangnuanta kantor Bupati Jeneponto, Selasa (13/12/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh bagian organisasi Setda tersebut, dihadiri kepala OPD, Camat dan agen perubahan Lingkup Pemerintah Kabupaten Jeneponto.

Turut hadir Prof. Dr. Sangkala, M.Si selaku ahli Manajemen Publik dan bertindak sebagai Narasumber.

Kepala Bagian Organisasi Setda Jeneponto St. Meriam dalam laporannya menyampaikan kegiatan yang dirangkaikan dengan launching Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN.

St.Meriam menjelaskan bahwa Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN telah dilaunching oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Core Values ASN meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif yang disingkat BerAKHLAK. Sedangkan Employer Branding ASN adalah Bangga Melayani Bangsa,”jelas St.Meriam.

Sementara Sekda Muh.Arifin Nur dalam sambutannya menyampaikan bahwa Road Map 2020-2024 dalam penyusunannya harus lebih bersifat implementatif dibandingkan hanya formalitas.

“Penyusunan strategi, peta jalan atau road map diarahkan untuk menjawab permasalahan yang sebenarnya terjadi di lapangan,”ujarnya.

Sekda Muh Arifin Nur juga menjelaskan bahwa kenyataan saat ini penuh dengan distrupsi yang mengharuskan ASN mampu beradaptasi, berkolaborasi lintas organisasi, daerah dan profesi, “Tidak boleh ada ego sektoral”, tegas Arifin Nur.

Core values atau nilai dasar yang dimiliki ASN, kata Arifin Nur, dapat dimaknai dan diimplementasikan dengan baik, sehingga segala tindakan ASN dapat berorientasi pelayanan kepada masyarakat.

“Nilai dasar ASN harus berorientasi pelayanan kepada masyarakat, tidak boleh lagi ada ASN yang bergaya pejabat jaman kolonial,” pungkasnya.

Komentar