BDLHK Makassar Gelar Pelatihan Tehnik Pencegahan Karhutla bagi MPA Secara Virtual

Berita, Daerah, Luwu Timur473 Dilihat

Buruhtinta.com, Luwu Timur, – Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar menggelar pelatihan pencegahan kebakaran hutan dan lahan bagi Masyarakat Peduli Api (MPA), yang bawakan olah Tiga tenaga pengajar dari BDLHK Makassar diantaranya, P. Arman Labahi, SP. MAP. M.Sc, Wahyuni Thamal dan Ir.A Muh Rafii, MP.

Diklat tersebut digelar secara daring LMS melalui aplikasi zoom difasilatasi oleh Risna dari BDLHK Makassar sebagai adminya. Kegiatan dimulai sejak 21 hingga 25 Juni 2022, dengan peserta sebanyak 30 orang anggota MPA dari masing masing wilayah.

30 orang anggota MPA tersebut dibagi 3 kelompok, dan satu kelompok masing masing satu pengajar dari BDLHK Makassar.

Adapun pembelajaran olah BDLHK Makassar yakni pelatihan tehnik pencegahan dan kempanye terkait kebakaran hutan dan lahan bagi MPA tersebut berupa pengenalan dasar dasar kebakaran hutan dan lahan serta sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan hutan yang berada di wilayah masing masing MPA.

Ada Empat materi yang diberikan kepada peserta Diklat bagi MPA memalui virtual terkait pelatihan pencegahan karhutla.

Arman salah seorang tim pengajar dari BDLHK Makassar di kelompok satu berharap, agar manajemen dan wawasan MPA dapat kembali terasah dan lebih terampil dalam menerapkan sistem pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah masing masing.

“Semoga materi yang kami berikan selaku pengajar dan pemateri saat pelatihan dapat dengan baik diterima dan terealisasi kepada warga sekitar yang awam terhadap bahaya dan dampak terjadinya kebakaran hutan bagi masyarakat.” Harapnya.

Kelompok satu misalnya yang tergabung diantaranya asal dari MPA Desa Ussu didampingi Rivaldi Muharram (MA), Kab. Luwu Timur, Sulsel dan MPA Desa Tamangalle didampingi oleh Natanel (MA) Kab. Polman, Sultra.

Menurut Rivaldi, dengan harapan yang sama oleh para peserta agar pelatihan tersebut dan fungsi dari pembentukan MPA dapat lebih jelas tentang tugas dan tanggung jawab yang diembannya bersama tim MPA.

“Terimakasih atas segala perhatian para instansi yang telah memberi pelatihan meski hanya melalui video zoom. Kami juga akan berupaya semaksimal dalam menjaga kelestarian hutan diwilayah kerja kami masing-masing.” Ucap Rivaldi pendamping MPA Desa Ussu, Kec. Malili, Kab. Luwu Timu, Sulsel.

30 peserta Masyarakat Peduli Api juga berharap adanya tindak lanjut dari pelatihan yang diterima, dan lebih penting lagi adanya penguatan hukum bagi MPA dalam menjalankan tugas sebagai Masyarakat Peduli Api dalam membantu kegiatan dilapangan.

“Kami dari personil Manggala Agni Malili Daops Sulawesi II mendampingi, yang mana sebagai pengelola dari Masyarakat Peduli Api khususnya di kabupaten Luwu Timur, ucap Rivaldi.

Perlu diketahui, 30 peserta ikuti Diklat BDLHK Makassar masing masing berasal dari Daerah Sulawesi dan Maluku.(@l)

 

Komentar