Bawaslu Jeneponto Gelar Rakor Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi, Ini Tujuannya!

Ketua Bawaslu Jeneponto Saiful bersama Koordinator Divisi pengawasan Bawaslu Jeneponto Hamka.(Foto:Syafar/birojeneponto).

Buruhtinta.com, JENEPONTO,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar Rapat Koordinasi Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi.

Rapat tersebut dilaksanakan di Media Center Bawaslu Kabupaten Jeneponto. Rabu (13/07/2022).

Mengawali kegiatan lewat zoom hadir Pimpinan Provinsi Drs. Saiful Jihad M.Ag. memberikan arahan untuk data dan dokumen seluruh kerja-kerja pengawas pemilu dapat terdokumentasikan dengan baik dan menjadi data Pemilu selanjutnya.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Jeneponto Saiful, S.H.,M.H menyampaikan bahwa Bawaslu adalah lembaga publik.

Oleh karena itu, kata Saiful, lembaga ini berkewajiban memberikan informasi yang terbuka kepada publik. Salah satunya, melalui pengelolaan dokumentasi dan publikasi segala aktifitas Bawaslu.

Lanjut Saiful menjelaskan bahwa aktifitas pengawasan, penangananan pelanggaran dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas, fungsi Bawaslu baik kerja-kerja dibagian SDM, Pengawasan, Penanganan pelanggaran harus terdokumentasi dengan baik dan terpublikasi ke publik.

“Selama ini aktivitas kita di Bawaslu masih dominan menggunakan media internal kita melalui website, fb, IG, youtube, dan mitra kita dengan media eksternal. Namun disisi lain kerja-kerja kita masih perlu melibatkan beberapa media untuk publikasi antara lain lewat menulis buku, jurnal, buletin, diskusi rutin, podcast dan media lainnya,” kata Saiful.

“Tujuannya adalah secara internal akan memberikan kemudahan bagi kita atas setiap dokumen yang dibutuhkan dan bagi publik bisa mendapatkan banyak informasi kepemiluan,” jelas Saiful.

Sementara Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jeneponto Hamka, S.Pdi menyampaikan bahwa semua lini di Bawaslu harus bergerak bersama untuk kepentingan kelembagaan.

“Kami berharap melalui kegiatan hari ini seluruh staf Bawaslu Jeneponto dapat bersinergi untuk masing-masing divisi bisa membuat berita untuk setiap kegiatannya tanpa harus kami para pimpinan ingatkan kembali,” tegas Hamka.

Ditambahkannya, optimalisasi dalam kerja humas sangat diperlukan, kita perlu memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan kerja-kerja pelayanan publik melalui media sosial yang dimiliki Lembaga seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan website.

“Kami minta hal ini menjadi prioritas, sebab ini menjadi salah satu fungsi kerja kehumasan Bawaslu Kabupaten Jeneponto”, tutup Hamka.

Hadir dalam rapat tersebut, Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi-Selatan Drs.Saiful Jihad, M.Ag., Ketua dan Anggota Bawaslu Jeneponto, Koordinator Sekretariat dan Staf PNS, PPNPNS Bawaslu Jeneponto.

Komentar