Bangun Desa Mandiri, Kamaruddin Kembali Maju di Pilkades Palangka Sinjai

Daerah, Sinjai885 Dilihat

Buruh Tinta.com, SINJAI,- Kamaruddin, calon kepala desa petahana siap maju pada Pilkades serentak tahun 2022.

Pernyataan itu disampaikan Kamaruddin di hadapan awak media buruhtinta.com saat di temui di kediamannya, Sabtu (8/1/2022).

Menurutnya, kesuksesan dan keberhasilannya mewujudkan Visi dan Misi Tata kelola pemerintahan desa yang baik dan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan yang telah dirasakan oleh masyarakat.

“Ini modal maju untuk kembali maju sebagai Calon Kepala Desa Palangka untuk periode kedua,” ujarnya.

Di temui terpisah, salah seorang warga Desa Palangka menyampaikan jika kepemimpinan kades Kamaruddin sangat berhasil dan sukses menata pemerintahan serta pembangunan.

“Pembangunan infrastruktur dan non fisik secara merata dan ada langkah kongkrit peningkatan kesejahteraan di desanya,” paparnya.

Sementara itu, empat kepala dusun dan sejumlah tokoh agama serta tokoh masyarakat turut mengapresiasi kinerja Kamaruddin selama periodenya.

“Kamaruddin, tipe penyabar tidak banyak neko-neko, memfasiltasi penyelesaian kebutuhan dan urusan warganya baik di tingkat desa, kecamatan hingga ke tingkat kabupaten,” terangnya.

Dia menambahkan bahwa kades petahana, tidak mau melihat warganya susah, kalau perlu bantuan fasilitas pribadinya diberikan kepada warganya.

“Termasuk menghibahkan sebagian tanah pribadinya untuk pembangunan Pamsimas pedesaaan yang kini sangat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warganya,” jelasnya.

Lanjut Kamarudin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Palangka yang masih mengharapkan saya sebagai kepala desa untuk maju periode selanjutnya.

“Apa yang saya kerjakan selama periode lalu, itu untuk kemaslahatan masyarakat di Desa Palangka dan ini juga peran aparat serta perangkat desa,” tandas Kamaruddin, yang sebelumnya di tahun 2010 hingga tahun 2014 pernah sebagai aparat Desa Palangka.

Menyinggung soal Visi yang di kedepankan untuk peride selanjutnya, Kamaruddin yang didampingi istrinya, Sriwahyuni menjelaskan, yakni “Mewujudkan Desa Palangka sebagai DESA MANDIRI dengan Kawasan Ekonomi Kreatif dan Terintegrasi Berbasis Digitalisasi Menuju Desa Sejahtera, Religius, Mandiri dan Berbudaya”

Menurut ayah dua anak ini, Visi adalah suatu pandangan ke depan tentang arah, target, cita-cita, tujuan pada suatu lembaga semisal pemerintahan desa.

Sehingga Visi ini merupakan komitmen dasar yang harus dipenuhi selama periode pemerintahan desa.

Sementara soal Misi, lanjutnya, adalah penjabaran dari Visi tersebut. Karena Misi akan memberikan arah sekaligus batasan-batasan arah dalam proses pencapaian tujuan.

Adapun Misi yang dimaksud antara lain,

1.Menggenjot potensi Desa Palangka menjadi Desa Mandiri melalui program desa yang disepakati bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melalui Musyawarah Desa Palangka.

2. Mengembangkan ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana yang berkaitan dengan informasi dan pelayanan desa berbasis digitalisasi, serta meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat melalui program peningkatan pengetahuan dan produktivitas keterampilan masyarakat, salah satunya melalui peran BumDes.

Ditanya soal program kerjanya, Kamaruddin membeberkan program di bidang pemerintahan, pemberdayaan kemasyarakatan dan pembinaan masyarakat, pembinaan kepemudaan dengan segala pengembangan potensinya, serta sosial keagamaan dan budaya.(Rasyid).

Komentar